Bagaimana Cara Menghemat Uang Belanja Bulanan Untuk Ibu Rumah Tangga?

Keuangan keluarga sangat dipengaruhi oleh dua hal utama yaitu berapa penghasilan di keluarga Anda dan berapa pengeluaran bulanan rumah tangga Anda. anggaplah penghasilan Anda adalah tetap, namun Anda belum menemukan sumber penghasilan tambahan sehingga untuk membuat pendapatan dan pengeluaran Anda seimbang, maka ada satu hal penting yang harus Anda lakukan yaitu dengan menghemat uang belanja bulanan Anda. Apakah Anda masih kesulitan dalam melakukannya? Atau sudah mengikuti beberapa tips yang bisa Anda temukan namun tetap merasa kurang efektif? Kalau begitu, inilah cara ampuh untuk menghemat uang belanja bulanan Anda.

  1. Pisahkan uang ke dalam amplop

Walaupun terlihat klasik namun ternyata cukup efektif. Ibu rumah tangga adalah pihak yang bertanggung jawab pada uang belanja. Saat sudah gajian atau meneriman uang bulanan dari suami, maka Anda langsung pisahkan uang ke dalam amplop. Bila perlu, siapkan 31 amplop kosong. Langkah selanjutnya adalah ambil semua uang Anda dan masukan ke dalam amplop sesuai dengan pengeluaran maisng-masing seperti bayar uang kontrakan atau cicilan rumah, bayar uang sekolah anak, uang saku anak-anak, biaya tagihan listrik, air,internet, telepon, gas, dan uang bensin, uang beras sebulan, dan lain-lain. Jangan lupa untuk memisahkan uang untuk uang darurat, uang sedekah, dan juga uang untuk bersenang-senang bersama keluarga jika masih bisa. Setelah itu, tulis tanggal belanja mulai dari tanggal 1 sampai tanggal 31. Setelah semua amplo terisi, sisanya adalah uang untuk ditabung atau investasi. Jika Anda melakukannya secara tertib, maka ibu rumah tangga akan menjadi lebih tertangtang untuk menjadi lebih kreatif dalam mengelola uang belanja bulanan. Selain itu, fungsi dari membagi uang menurut fungsinyamasing-masing adalah Anda jadi lebih bisa mengontrol keuangan rumah tangga Anda. Jika ada uang yang tersisa dri setiap anggaran pengeluaran tadi, Anda bisa simpan kembali ke dalam tabungan atau investasi.

  1. Selalau buat anggaran pengeluaran per hari dengan rinci

Setipa hari tentukan kamu haurs mengeluarkan uang berapa. Lalu buatlah daftar yang berisi apa saja yang bisa Anda beli dengan nominal tersebut. Saat Anda membuat anggaran pengeluaran per hari, jangan langgar peraturan Anda sendiri. Tatailah anggaran tersebut. Jangan pernah membeli sesuatu yang tidak membuat Anda mengeluarkan lebih dari jumlah maksimal yang Anda keluarkan tiap harinya. Dengan merencanakan anggaran pengeluaran tiap hari secara rinci, Anda bisa mengontrol seberapa banyak Anda belanja. Selain itu Anda juga terhindar dari belanja kebutuhan yang sebenarnya tidak perlu karena itu dapat membuat Anda mengeluarkan uang melebihi batas anggaran. Alhasil, uang belanja bulanan Anda akan aman karena terhindar dari perbuatan boros yang selama ini sering membuat uang belanja cepat habis. Kuncinya memang hanya satu yaitu selalu patuhi anggaran yang Anda buat sendiri. Karena melanggar sekali justru akan membuat Anda semakin mudah untuk melanggar kedua kalinya. Jadi, jangan sekali-kali anggap remeh patokan anggaran pengeluaran ini.

  1. Janagn fokus pada merk

Hindari pergi ke mall atau swalayan karena godaan untuk berbelanja akan semakin besar. Godaan akan menjadi kian kuat manakala banyak promo. Apalagi jika barang-barang kebutuhan rumah tangga dari merk terkenal memberikan penawaran yang menarik. Anda bisa kalap membeli kebutuhan minyak, gula, tisu, pembersih lantai, deterjen, dan sebagianya. Karena itulah jangan tergoda dengan tawaran seperti itu. Masih ada barang yang sama dengan merk yang berbeda dengan kualitas yang sama atau justru lebih bagus. Syukur jika Anda bisa membeli produk yang lebih murah namun fungsinya sama.

  1. Buat daftar menu makanan mingguan

Prinsip yang berawal dari kebiasaan ini layak dicoba untuk ibu rumah tangga. Buat;ah daftar menu makanan mingguan sehingga Anda bisa mengontrol pola belanja. Dengan daftar inilah maka Anda akan terhindar dari membeli bahan makanan yang akhirnya mubazir.

  1. Simpan bahan makanan dengan baik

Beberapa rempat seperti lemair es, lemari beras, atau wadah kerap udara bisa membuat bahan makanan menjadi lebih awet. Sebaiknya segera masukan bahan makanan Anda ketiga tempat tersebut. Jika cara in berlangsung secara terus menerus, maka akan menjadi budaya dalam keluarga dan akhirnya uang belanja bulanan Anda dapat terselamatkan.

  1. Catat rencana belanja

Cara yang paling mudah untuk mencatat rencana belanja adalah dengan menempel catatan tersebut di kulkas. Catat barang apa saja yang sudah habis agar pada saat berbelanja kita tidak melihat barang-barang lain. Anda juga bisa membeli produk promosi seperti buy 1 get 2 atau turn harga. Dengan cara inilah Anda bisa berhemat sehingga bulan depan tidak perlu membeli produk itu lagi.

    1. Simpan nota belanja

</ol%

(Visited 1 times, 1 visits today)