5 Keunikan yang Dialami Efek Rumah Kaca Band Sepanjang Karir

Asyik, ya kalau bisa mantengin musisi favorit. Buat para penggemar Efek Rumah Kaca Band pasti tahu dong kejadian demi kejadian unik yang dialami oleh band indie ini? Khusus buat kamu yang baru jadi penggemar, sini kami bisikin. Biar kamu semakin tahu dan mendalami band yang sudah melalang-buana ke seantero negeri ini.

1. Mereka Melakukan Promosi di Media Sosial

Beda dengan musisi kelas atas pada umumnya. Media sosial itu ibarat hutan belantara. Kalau mau terkenal dari sana ya harus membabat habis gulma dan rumput liarnya biar bisa jadi jalan. Tapi rupanya Efek Rumah Kaca lebih memilih jalan ini ketimbang jalan lain yang sudah terlalu mainstream.

Padahal bisa saja dengan kualitas mereka itu langsung melamar ke produser mayor. Barangkali juga bisa ikutan ajang pencarian bakat. Tapi mereka dari awal sudah berjiwa mandiri. Apa pun hasilnya adalah berkat usaha keras mereka. Bahkan sampai sekarang mereka masih tenang dengan menyandang label sebagai grup band indie.

2. Bikin Video Musik Sendiri

Kebayang, kan betapa susahnya bikin video musik sendiri. Pada lagu pertama yang dibikin video ternyata tidak banyak yang mengapresiasi. Meskipun begitu, mereka tidak tinggal diam. Bahkan mereka terus menempa diri dan mengevaluasi setiap kali ada kesalahan dan sebagainya. Kegigihan mereka akhirnya berbuah manis.

Video yang berjudul “Cinta Melulu”, “Desember”, dan “Di Udara” bahkan telah menarik minat Indra Ameng, Motulz, dan Adi Cumi. Ketiga orang tersebut dengan sukarela membantu penggarapan video agar lebih profesional. Ternyata hasilnya sangat bagus. Respons dari khalayak bertambah meriah. Dari situlah titik balik mereka di dunia musik.

3. Lagu “Cinta Melulu” yang Melejitkan Nama

Sebetulnya lagu “Cinta Melulu” ini merupakan single pertama Efek Rumah Kaca. Namun berkat liriknya yang khas dan mudah diikuti oleh khalayak, maka banyak yang mengundang band ini untuk tampil di acara-acara besar. Sejak awal, Efek Rumah Kaca memang beda dengan band kebanyakan.

Sepintas mungkin lagu “Cinta Melulu” itu identik dengan roman picisan khas lagu yang marak dipakai band-band mainstream. Alih-alih mengikuti gaya mereka, justru Efek Rumah Kaca tampil beda. Isi lagu tersebut justru mengkritisi topik lagu yang disajikan dengan itu-itu saja. Mereka berusaha menggebrak dengan sudut pandang baru.

4. Sebelum Bernama Efek Rumah Kaca

Untuk memperoleh nama yang ideal memang bisa dikatakan tidak mudah. Bahkan Efek Rumah Kaca ini sudah beberapa kali ganti nama band. Sebelum bernama Efek Rumah Kaca, lebih dulu dinamai dengan Hush dan Superego. Kedua nama tersebut dirasa kurang memiliki kekuatan atau mungkin hoki, jadinya diganti dengan yang dipakai hingga saat ini.

Tahu tidak, rupanya nama Efek Rumah Kaca itu terinspirasi oleh lagu mereka sendiri dengan judul yang sama. Lagu tersebut sudah banyak diputar di tempat-tempat elite Indonesia. Bahkan Cak Lontong menyebut kalau lagu Efek Rumah Kaca merupakan lagu favoritnya. Perlu bertahun-tahun bagi Efek Rumah Kaca menemukan formula nama yang tepat.

5. Video Pertama di Youtube

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan media sosial bernama Youtube. Video yang pertama kali diunggah oleh Efek Rumah Kaca berjudul “Cinta Melulu”. Berkat video itu, banyak sekali penonton yang antusias menyimak jalannya video tersebut. Bahkan pada tayangan perdana, video itu sudah ditonton sebanyak 1,8 juta tayang.

Salah satu personelnya, yakni vokalis Efek Rumah Kaca Band bahkan sangat digandrungi di kalangan penggemar Efek Rumah Kaca Band. Suaranya yang khas membuat banyak kalangan mengangkat topi untuknya. Uniknya, ketika Cholil Mahmud, sang vokalis nyanyi di panggung, tidak ada yang bisa membedakan suaranya dengan suara saat di rekaman asli.

Nah bergitulah kiranya 5 hal unik dari efek rumah kaca band, penasaran dengan lagu-lagunya? Beli secara resmi ya jangan yang bajakan Sekian dan semoga bisa memberikan inspirasi positif bagi pembaca semua terutama bagia anda yang meyukai lagu lagu dari efek rumah kaca band.

(Visited 6 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *